Belajar Javascript Dasar Pemula

Bahasa pemrograman Javascript, Apa itu Javascript, Belajar Javascript Lengkap

Sederhananya Javascript merupakan salah satu bahasa pemrograman web yang berfungsi sebagai penyusun Behavior(Tingkah Laku) website. Untuk membuat web yang baik bahasa ini jelas sangat diperlukan. Tapi disini kita hanya membahas sebagian saja sebagai pembelajaran atau pengenalan.
Baik lengkapnya Javascript adalah bahasa yang berbentuk kumpulan script yang berjalan pada suatu dokumen HTML. Bahasa ini adalah bahasa pemrograman untuk memberikan kemampuan tambahan terhadap bahasa HTML dengan mengijinkan pengeksekusian perintah perintah di sisi user, yang artinya disisi browser
bukan di sisi server web.

penulisan javascript :
<script src="javascript.js">

</script>
atau
<script language="javascript">
......
</script>

Apa yang bisa dilakukan oleh Javascript ini?
- Pengeksekusian Pada bilangan matematika.
- Penglogikaan terhadap suatu button atau tombol.
- Memberikan perintah tiap pengeksekusian.


JavaScript ini merupakan suatu yang sulit dipelajari oleh orang awam yang baru terjun atau bahkan tidak pernah menyentuh dunia pengkodingan sekalipun, JavaScript sangat berbeda dengan HTML dan CSS (Cascading Style Sheet) dimana mempunyai tag atau code syntax masing-masing yang tentunya sangat berbeda dari segi fungsi dan bentuk penulisan.

Bagaimana penerapan java script??

\
Di atas adalah contoh penerapan javascript pada dokumen HTML, Penjumlahan balok, saat kita menekan tombol Jumlahkan, maka akan keluar hasil dibawah sesuai dengan pengoprsaian javascript yang sebelumnya kita pakai.

Namun begitu pengoprasian javascript yang saya pakai diatas adalah syntax atau code yang sangat-sangat mendasar dari javascript dimana saya hanya mengkalikan angka yang dimasukan pada tiap kolomnya.

JavaScript juga memiliki otak dasar yang hampir sama dengan pemrograman, yaitu memampukan kita untuk menggunakan perintah seperti IF dan ELSE, tapi harap diketahui kalau IF atau ELSE disini mengambil tag yang ada di HTML itu sendiri, jadi penggunaan kata diharuskan sama persis dengan apa yang sebelumnya tertulis karena sama seperti halnya CSS, JavaScript memiliki sifat Case Sensitive.

Saya punya beberapa sumber yang menyajikan pengkodingan Javascript yang begitu lengkap, silahkan kunjungi : w3schools

Oke sekian pengertian pendek dari saya tentang JavaScript, maaf bila ada kata yang kurang dimengerti atau kurang benar karena saya juga sama-sama masih dalam tahap belajar, ada pertanyaan atau masukan? Silahkan ketik di komentar :D

Author:

Facebook Comment