Cara Mengembalikan WiFi yang Hilang


Pernahkah kamu mengalami masalah hilangnya WiFi di Windows secara tiba-tiba, padahal sebelumnya masih ada dan bisa digunakan? Hal itu bisa saja terjadi setelah install ulang, atau tertekannya suatu pintasan Windows yang tidak kamu ketahui.

Kedua hal itu pernah saya alami sendiri dulu. Bagi orang awam, mungkin hal itu membuat panik. Karena Windows yang tidak bisa dipakai kinerjanya secara penuh, apalagi dikala kita benar-benar membutuhkannnya sehingga kita merasa harus membawanya ke tukang servis dan mengeluarkan biaya.  Tapi tenang saja, cukup perhatikan faktor dan penjelasan berikut untuk mengatasinya.


Cara Mengatasi Hilangnya WiFi di Windows




1. Tertekannnya Suatu Shortcut Windows Tanpa Disadari


Apakah kamu pernah meminjamkan Laptop ke seseorang, dan setelah dikembalikan Laptop tersebut menjadi bermasalah?  Atau sebaliknya? Ya, hal itu sering terjadi dan salah satu masalah yang dialami yaitu hilangnya WiFi. Tanpa perlu kamu menyalahkan peminjam tersebut, atau sampai memarahinya, lebih baik kamu mencari tahu kenapa hal itu bisa terjadi.

Untuk mengatasi hilangnya WiFi tersebut, kamu hanya perlu untuk menekan kembali shortcut WiFi di Laptop kamu. Biasanya, setiap merk Laptop mempunyai shortcut yang berbeda (Fn+F?). Contohnya di Acer Aspire 14, shortcut untuk mematikan adapter WiFi adalah dengan menekan Fn+F3 secara bersamaan
.

Tapi jangan khawatir, karena biasanya di setiap huruf suatu keyboard Laptop terdapat Ikon/Logo yang menandakan untuk fungsi apa huruf tersebut. Seperti di Laptop Acer One 14, Logo WiFi terdapat pada F4 seperti di gambar berikut.

2. Driver WiFi belum terinstall

Hal ini biasa terjadi setelah install ulang atau tidak sengaja meng-uninstall suatu software di Control Panel tanpa kita ketahui apa manfaatnya.

Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu untuk menginstall driver WiFi tersebut, sesuai dengan merk Laptop kamu. Karena setiap merk mempunyai driver WiFi yang berbeda, kamu tidak bisa sembarang menginstall WiFi driver yang ada*.

*Ini pernah dialami oleh teman saya. Dia bertanya kenapa WiFi ku bisa hilang? Saya jawab drivernya belum keinstall kali, kemarin kan kamu abis install ulang. Besoknya dia bertanya lagi wifinya masih gak ada, padahal drivernya udah terinstall. Saya jawab emang kamu  udah download drivernya? Katanya kuota sekarat. Dia menjawab ya aku minta sama si Novel (Nama disamarkan). Saya menjawab lagi bukannya merk Laptop kamu beda ya sama dia?

Untuk menginstall driver WiFi, kamu harus mengunduh driver WiFi yang sesuai dengan merk Laptopmu terlebih dahulu. Kamu bisa mengunduhnya di situs Official Laptop kamu. 

Agar mudah, cari melalui Google dengan keyword driver <merk Laptop> <OS> <bit>




Kamu bisa mengetahui merk Laptop kamu di suatu sudut Laptop, dus Laptop, atau di Settings

Sekian untuk artikel kali ini, apabila ada pertanyaan silahkan cantumkan di kolom komentar.
Semoga bermanfaat!

Re_Kazed - All With Tech

Author:

Facebook Comment